Thursday, December 29, 2011

Detergen yg Aman utk Clodi

Berikut ini adalah laporan hasil survey deterjen di-pasar yang tidak aman dan yang ‘sementara’ aman untuk popok kain modern (Cloth Diapers.

Pedoman : Mencari deterjen biodegradable ramah lingkungan yang biasa-biasa saja. 

Tidak mengandung : bleach, enzym, softener, pencerah optik sinar matahari, pencerah warna pakaian.

Hasilnya…

Deterjen yang tidak aman :
  • Rinso Matic 1kg 23450 (mengandung enzym) tidak aman
  • So Klin Bio matic 1kg Rp 19970 (mengandung enzym) tidak aman
  • So Klin softener 10970 (mengandung Softener) tidak aman
  • Deterjen Carefour enzym 1kg Rp 13200 (mengandung enzym) tidak aman
  • Surf Lime (mengandung Optical Brightener/Oxigen) tidak aman
  • Surf Putih (mengandung Optical Brightener/Oxigen) tidak aman
  • Rinso Colour and Care 800gr Rp 11290 (mengandung Optical Brightener) tidak aman
  • Rinso Molto Ultra Rp 12360 (mengandung Softener dan Enzym) tidak aman
  • Rinso anti noda(mengandung Enzym) tidak aman
  • Total Pelangi 900gr Rp 11700 (mengandung Optical Brightener) tidak aman
  • Total Putih 900gr Rp 9500 (mengandung Optical Brightener dan Softener) tidak aman
  • B29 Pink powder + softener 800gr RP 11740 (mengandung Softener) tidak aman
  • Bu Krim 5000 lemon 550gr Rp 4590, (mengandung Optical Brightener) tidak aman

Deterjen yang sementara aman* : 
  • Daia Bunga 900gr Rp 9000 (berhadiah mangkok), sementara aman
  • Daia Lemon 900gr Rp 9000 (berhadiah mangkok) , sementara aman
  • Attack Clean Maximiser 450gr Rp 8200, sementara aman
  • Attack Easy 700gr Rp 10890, sementara aman
  • Rinso Excel 1kg Rp 19900, sementara aman
  • B29 Water guard 1800gr Rp 18690, sementara aman
  • B29 Rose Rp 10690, sementara aman
  • Deterjen bubuk carefour 500gr Rp 3450, sementara aman
  • Viso 900gr Rp 9450, sementara aman
  • Deterjen BOOM putih 550gr Rp 4790, sementara aman

* Perhatian bahwa pabrik deterjen tidak memberikan info detail kandungan aktif dalam produk mereka dan seringkali merubah komposisi bahan aktif dalam produk mereka setiap saat, sehingga Bunda/Ayah perlu mengecek ulang kandungan aktif pada kemasan deterjen saat membeli.

Sumber : http://www.greennappy.org/Komunitas Popok Kain

Cara Stripping Clodi

Cara 1 : Simpel
Rendam insert yang sudah dicuci bersih dengan air hangat 40°C. Bilas dengan air hingga air buangan tidak berbusa lagi.

Cara 2 : RLR Treatment
RLR adalah sabun khusus yang dipakai untuk menghilangkan residu. Rendam outer clodi dan insert yang telah dicuci dengan 1 bungkus RLR selama 30 menit sambil sesekali dikucek. Bilas dengan air hingga air sisa buangan tidak berbusa lagi. Agar hasil maksimal untuk pembilasan insert bisa juga menggunakan mesin cuci dan langsung ke bagian rinse/pembilasan. Satu bungkus RLR dapat digunakan untuk 15-18 set clodi beserta insertnya.

Cara 3 : Magic Clean Treatment
Cuci pakaian dengan sabun khusus clodi. Lalu bilas dengan 'Magic Clean' dengan takaran 1-2 sdm. Rendam 10 menit, lalu bilas hingga cucian tidak berbusa lagi. "Magic Clean membuat pakaian harum dan bersih serta menghilangkan residu pada pakaian.

Cara 4 :
1. Cuci clodi dan insert dengan air bersih tanpa menggunakan detergen sampai timbul busa.
2. Dapat ditambahkan 1 tetes sabun cuci piring.
3. Bilas clodi dan insert berkali-kali
4. Jemur pada terik matahari

Selamat Mencoba ^^

Sunday, November 27, 2011

Hati-hati dengan Mandi Bola

Sedikit kisah tentang Mandi Bola,,anak-anak senang dengan mainan yg satu ini, tp siapa sangka klo Mandi Bola ternyata da bahayanya juga, bahkan sampai bisa menimbulkan kematian..how it can be..??
This is the story :
Bulan kemarin gw baca postingan org tentang kasus mandi bola yang berbahaya, bahkan menimbulkan kematian, gw harap sih Raya gak pa pa klo mandi bola (mksdnya ga da kejadian apa apa gitu) karena Raya jg termasuk anak yg suka mandi bola..gw gak begitu percaya krn itu kan ceritanya di Australia, hoax, smg dsni mah ok ok ajah..
here's the link : Bahaya Mandi Bola
tadi pagi, buka forum Recommended Online Shop (Seller and Buyer), da yg posting klo keponakan Omnya meninggal krn Mandi Bola,,ooh miris bgt pas baca ceritanya, ternyata cerita itu bukan hoax, ini selengkapnya :








Tuesday, November 15, 2011

Apa itu Clodi (Cloth Diapers) ... ??

apa sih cloth diaper itu?? lagi happening banget nih.....
semoga tulisan ini bisa sedikit membantu mommies yang masih kebingungan memilih menggunakan clodi or pospak,,juga utk mommies yang masih bingung mau pilih clodi apa,,

jadi cloth diaper (clodi) adalah popok kain modern yang memiliki fungsi menyerupai popok sekali pakai (pospak) atau yang kita kenal pampers....
kenapa dibilang popok kain modern? krn dari zaman dahulu kala kan newborn baby selalu dipakein popok kain tapi yang hanya sekali pakai alias sekali pipis/pup langsung harus ganti...nah clodi ini terbuat dari bahan2 yang mampu menyerap air lebih banyak sehingga mampu digunakan berjam2 tanpa ada campur tangan bahan kimia seperti pospak....
karena tidak mengandung bahan kimia otomatis clodi lebih aman dong dipake sama dede bayi terutama utk bayi2 yg memiliki kulit sensitif sehingga mudah terkena diaper rash (ruam popok). ...

clodi sendiri terdiri dari 2 bagian yaitu cover/pocket diaper dan insert...
cover adalah bagian luar clodi yang berbentuk seperti pospak (ada yang penempelannya pakai kancing atau velcro) sedangkan insert adalah bagian dalam clodi yang terpisah dari covernya yang memiliki fungsi menyerap pipis bayi...

kenapa covernya disebut pocket??
karena pemasangan insert ke covernya dengan cara dimasukan ke dalam cover yang seperti kantung (tapi ada juga jenis clodi yang pemasangan insertnya seperti pemasangan pembalut pada wanita).
bagian dalam cover terbuat dari bahan yang stay dry sehingga kulit bayi tetap kering,,sedangkan bagian luar terdiri dari bahan yang tahan air sehingga pipis bayi tidak bocor keluar...

insert itu apa sih??
like I said before insert adalah bagian dalam clodi yang terpisah dari covernya....
insert ada berbagai macam (biasanya masing2 merk punya jenis insert yang berbeda walaupun inti bahannya sama),,diantaranya insert bamboo dan microfiber (dari merk pempem).
masing2 insert punya kelebihan dan kekurangan masing2,,kurang lebihnya seperti ini,,
insert bamboo bisa menyerap lebih banyak cairan dan terbuat dari bahan alami bamboo tapi proses pengeringannya lebih lama dibandingkan insert microfiber...
insert microfiber bisa kering lebih cepat tapi tidak bisa dipakai bersentuhan langsung dengan kulti bayi krn dapat menyebabkan kulit kering...
ada lagi jenis insert yang stay dry,,nah insert ini bisa dipakai langsung bersentuhan dengan kulit bayi karena lapisan luar insertnya terbuat dari bahan yang stay dry (tetap kering)...
pilihan penggunaan insert tergantung dari kebutuhan masing2 bayi....

perawatan clodi sangatlah mudah,,cukup dicuci (kalau bisa pakai tangan, tdk pakai mesin cuci) dengan deterjen tanpa menggunakan pemutih, pewangi atau pelembut krn ditakutkan merusak lapisan penyerap di dalamnya....
asal kita melakukan perawtan dengan benar pasti clodi akan awet dipakai untuk generasi selanjutnya (adiknya maksudnya)...

pilihan penggunaan clodi merk tertentu terletak pada mommies sekalian,, mau pilih merk lokal atau merk impor,,bedanya merk impor pasti akan lebih mahal harganya yangtentu saja sebanding dengan kualitasnya,,tapi jangan salah moms sekarang juga sudah banyak beredar berbagai merk lokal yg kualitasnya sama dengan merk impor dgn harga yang lebih terjangkau....

to wrap up this notes,,jadi kelebihan menggunakan clodi adalah:
1. lebih sehat untuk bayi krn kulit tidak terekspos oleh bahan2 kimia seperti pada pospak sehingga mengurangi kemungkinan diaper rash

2. lebih hemat untuk mommies krn bisa digunakan berulang kali asal perawatan/pencucian dilakukan dengan benar

3. lebih friendly untuk lingkungan krn tidak banyak limbah yang dibuang

keputusan kembali pada mommies,,mau pakai pospak atau clodi krn masing2nya memiliki kelebihan dan kekurangan masing2....

semoga tulisan ini bisa membantu untuk mommies yang masih bingung apa itu clodi....

Wednesday, November 2, 2011

Enphilia Crispy

Crispy Pocket (by Enphilia) adalah popok kain yang memiliki kantung untuk memasukkan lapisan penyerap, terbuat dari bahan dalam (inner) dan luar (outer) berupa bahan fleece, yang bersifat water repellent (menolak air)- bukan waterproof, sehingga menyebabkan efek tetap kering di dalam, dan menahan air supaya tidak mudah tembus. Ayahbunda bebas memilih lapisan penyerap, bahan maupun ketebalannya: Bisa menggunakan alas ompol, kain tetra, handuk, dan lain lain. Tentunya setiap bahan memiliki karakteristik penyerapan yang berbeda. Crispy Pocket cocok bagi ayahbunda yang sangat peduli terhadap porositas popok dan sirkulasi udara, sehingga memilih untuk menghindari popok berbahan plastik atau waterproof.
Crispy Pocket dijual tidak dengan insert(lapisan penyerap) nya, memberikan kesempatan bagi ayahbunda menggunakan bahan bahan yang bisa ditemukan di rumah, yang bisa dipakai sebagai insert.

Bahan Luar: polar fleece
Bahan Dalam: polar fleece
Crossover tab: ada
Laundry Tab: Ada
Adjustment Snap: Ada (ini yang membedakan dari Enphilia Pocket Original 3.0)
Insert: Soaker pad (microfiber + fleece layer)
Bukaan kantong: belakang
Peruntukan: newborn– 14 kg (kisaran ini bisa bervariasi tergantung bentuk badan bayi)

Harga : Rp. 69.000 (Belum termasuk ongkos kirim)

Tersedia :